Review Film Bodyguard (2018): Film Thriller Konspirasi Inggris Yang Amat Sangat Rumit

Tidak salah jika Mike Hale dalam portal nytimes(.)com, menyebut film series “Bodyguard” yang tayang di tahun 2018 lalu sebagai “Britain’s Biggest TV Hit in Years”, Saya sepakat dengan Hale.

Bodyguard merupakan Film thriller konspirasi Inggris yang amat sangat rumit, yang mungkin kalian tidak akan menyangka siapa dalang konspirasi sebenarnya. Meski di sepanjang alur film kalian akan merasa tahu siapa dalang dibalik konspirasi, saya berani menabak bahwa pengetahuan kalian akan salah.


Film ini dibintangi oleh Richard Madden sebagai David Budd, seorang agen keamanan “Bodyguard“ yang ditugaskan untuk melindungi Julia Montague, Menteri Dalam Negeri, yang diperankan oleh Keeley Hawes. Richard Madden juga salah satu pemeran dalam series Game of Thrones sebagai Robb Stark. Saya sempat tidak mengenalinya.

Sebelum mendapat tugas menjadi  Bodyguard, David Budd adalah seorang Sersan kepolisian, dengan jejak pengelaman sebagai veteran perang Afghanistan. Seperti umumnya yang terjadi dalam kehidupan para veteran perang, David Budd digambarkan memiliki penyakit mental psikologis dan menolak untuk melakukan konseling. Ya memang gangguan mental pasca perang memang sering dialami oleh para veteran perang, mereka mengalami tekanan jiwa akibat trauma selama perang.

David Budd  menderita PTSD, suatu kondisi mental di mana seseorang mengalami serangan panik yang dipicu oleh trauma pengalaman masa lalu. Gangguan PTSD ini diperlihatkan dalam opening kredit film, di mana saat itu David Budd yang sedang berbicara dan bernegosiasi dengan pelaku bom bunuh diri di dalam kereta api yang sedang berjalan, ada gangguan rasa panik yang tiba-tiba dialaminya.

Berbicara tentang opening kredit film ini, saya agak sedikit terusik dan terganggu dengan ceritanya, yang mengangkat isu terrorism Islam, seorang perempuan muda yang menggunakan hijab sedang mencoba meledakkan diri di dalam kereta api. Saya tidak suka penggambaran teroris dengan identitas agama Islam seperti ini. Apakah sang sutradara sengaja menggambarkan teroris muslim, ingin mengarahkan identitas terorism ke agama Islam, meningkatkan islamophobia.


Meski demikian, saya tidak menyangkal bahwa ada terorir muslim, yang pikiran mereka tersesatkan dan salah dalam memahami konsep jihad. Sehingga mereka mampu untuk melakukan aksi terror terhadap orang lain yang tidak sepaham dan berbeda keyakinan dengan mereka, ini nyata adanya “teroris muslim”.

Akan tetapi bukan agama yang dipersalahkan, manusia lah atau umat beragamalah yang menjadi actor dalam tiap-tiap aksi terorisme mereka. Berbicara tentang terorisme sangat panjang pembahasannya, itu terkait dengan factor ekonomi-kemiskinan, ketidakadilan pemerintah, dampak dari peperangan, kebodohan dan hingga delusi superhero. Teroris bukan semata-mata gerakan ideologis agama, karena kita sepakat bahwa agama tidak mengajarkan kekerasan.

Isu yang diangkat dalam film bodyguard ini adalah terorisme dan keamanan nasional. Ada perdebatan pada wacana keamanan nasional di antara pihak kementerian dalam negeri, kepolisian dan kementerian pertahanan. Julia Montague dari kementerian dalam negeri mengotot untuk merealisasikan RUU kebijakan memata-matai masyarakat, aktivitas online mereka, demi keamanan negara seperti pencegahan aksi teroris.

Pihak kepolisian menentang RUU ini, karena urusan pribadi jutaan orang yang taat hokum akat terekpos ke berbagai pihak, dinas keamanan dan badan intelijen. Ternyata, bukan hanya pihak kepolisian yang khawatir dengan RUU ini, pihak pelaku kriminalitas pun ikut terusik dan melakukan pergerakan. Sehingga nyawa Julia Montague terancam.

Jed Mercurio selaku pembuat dan penulis film Bodyguard ini menawarkan pandangan baru tentang perempuan dalam aksi terorisme, apakah mereka hanya menjadi korban, pelaku terror, ataw melampaui dari dua status ini.

Informasi TV Series Bodyguard (2018)
Genre: Crime, Drama, Thriller
Jumlah episode: 6
Creator and Writer: Jed Mercurio
Pemeran:
Richard Madden sebagai David Budd (Bodyguard)
Sophie Rundle  sebagai Vicky Budd (istri David Budd)
Keeley Hawes sebagai Julia Montague (Menteri Dalam Negeri)
Gina McKee sebagai Anne Sampson (Kepala Komando Polisi Metropolitan Terorisme)
Pippa Haywood sebagai Kepala Inspektur Lorraine Craddock (Kepala Komando Perlindungan dan atasan Budd)
Stuart Bowman sebagai Stephen Hunter-Dunn (Direktur Jenderal MI5).
Rating IMDb: 8.2
Rating rottentomatoes: tomatometer 92% dan Audience Score 84%


*Review film merupakan komitmen saya di tahun 2019, saya telah berkomitmen untuk melakukannya, mereview setiap film yang telah ditonton. 

Komentar